Monday, March 28, 2016

Mengenal Ilmu Budaya Dasar

Mengenal Ilmu Budaya Dasar

BAB I
PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang
Ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan yang kita temui sehari-hari dan juga berkaitan dengan norma-norma atau aturan-aturan dan bisa juga mengenai suatu kebudayaan tertentu karena kita harus mengenal ilmu dan budaya kita sendiri.
Biasanya kebudayaan yang baru atau modern mempengaruhi kehidupan masyarakat luas pada zaman sekarang ini. Sebenarnya boleh mengikuti perkembangan zaman tapi kita juga tidak boleh melupakan kebudayaan yang kita miliki dan harus kita tetap jaga dan terapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti hormat kepada orang yang lebih tua dan sebagainya.

2.     Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan ilmu budaya dasar?
2. Apa tujuan dari ilmu budaya dasar?
3. Bagaimana ruang lingkup mengenai ilmu budaya dasar?
4. Bagaimana contoh kasus ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari?


BAB II
PEMBAHASAN

1.     Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Menurut Prof Dr. Harsya Bactiar, ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu:
  • Ilmu-ilmu alamiah (Natural Science): Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
  • Ilmu-ilmu social (Social Science): Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
  • Pengetahuan Budaya (the humanities): Pengetahuan Budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

Ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang tanpa kita sadari telah sangat melekat dalam kehidupan ki
ta, baik secara individual, dalam keluarga, maupun dalam masyarakat luas. Namun banyak dari kita yang tidak menyadari dan tidak mengerti akan hal itu, sehingga penerapannya dalam kehidupan menjadi sangat kurang. Pentingnya kita menyikapi mengenai Penerapan Budaya Dasar dalam kehidupan sehari-hari akan membuat kita lebih memahami berbagai aturan-aturan atau norma masyarakat agar terciptanya suatu hubungan yang baik.

2.     Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan Ilmu Budaya Dasar tersebut diharapkan dapat:
  1. Mempertajam kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya agar lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.
  2. Memperluas pandangan dan mengembangkan daya kritis mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
  3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dibidangnya tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
  4. Menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu dan lancar dalam berkomunikasi satu sama lain.

3.     Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar
Ada 2 masalah pokok yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar, yaitu:

  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapkan masalah kemanusiaan dan berbudaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
  2. Hakekat manusia yang universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kehidupan masing-masing jaman dan tempat.

Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah:
  • Manusia dan cinta kasih
  • Manusia dan keindahan
  • Manusisa dan penderitaan
  • Manusia dan keadilan
  • Manusia dan pandangan hidup
  • Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian
  • Manusia dan kegelisahan
  • Manusia dan harapan

Kedelapan pokok bahasan itu termasuk dalam karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya. Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian, musical, ilsafat, lukisan, patung dan sebagainya.
Ilmu budaya dasar bukan ilmu sastra, ilmu tari, ilmu filsafat dan lain ilmu yang terdapat dalam pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar hanya mempergunakan karya-karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekti masalah-masalah kemanusiaan dan budaya.


4.     Contoh Kasus dalam Kehidupan Sehari-hari yang Berhubungan dengan Ilmu Budaya dasar

  1.  Komunikasi antar keluarga, pergaulan kita terhadap teman, sehingga kita dapat memahami sifat dan karakteristik setiap orang. Begitupun dalam bermasyarakat, dalam interaksi kita harus memahami norma-norma dalam masyarakat agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya: berpamitan kepada orang tua, saling menyapa satu sama lain dan sebagainya.
  2. Penerapan Ilmu budaya dasar dalam kehidupan manusia seperti dalam aspek bersikap dalam kehidupan yang berbeda-beda sehingga kita dapat menempatkan diri pada situasi apapun yang akan kita hadapi. Intinya yaitu sejauh apa ilmu budaya dasar dapat mempengaruhi sikap dan tata cara kita dalam bermasyarakat. Bila kita sudah mempunyai dasar yang kuat, dapat diyakini bahwa kita akandapat membawa diri dalam masyarakat.
  3. Perubahan budaya yang terjadi di dalam masyarakat tradisional merupakan salah satu dampak dari adanya globalisasi. Pesatnya perkembangan TIK dan globalisasi mengakibatkan masyarakat tidak tertarik lagi menikmati berbagai seni pertunjukan tradisional yang sebelumnya akrab dengan kehidupan mereka. Contohnya: kesenian tradisional wayang orang Bharata, yang terdapat di Gedung Wayang Orang Bharata Jakarta kini tampak sepi seolah-olah tak ada pengunjungnya. Hal ini sangat disayangkan mengingat wayang merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional Indonesia yang kaya akan pesan-pesan moral.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya dasar mempunyai tujuan yaitu salah satunya untuk menyadarkan kita terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, saling menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
Ilmu budaya dasar juga mempunyai ruang lingkup yang berdasarkan 2 aspek yaitu berbagai aspek kehidupan dan juga hakikat manusia yang satu atau universal. Biasanya kita dapat menerapkan contoh dalam ilmu budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya kita harus bersikap sopan dan hormat terhadap orang yang lebih tua dari kita.

Saran
Walaupun sekarang banyak masuk kebudayaan baru dan mengikuti perkembangannya, tetapi kita juga tidak boleh melupakan kebudayaan kita sendiri dan harus tetap di jaga serta dilestarikan.


Daftar Pustaka
http://ferlita-septiana.blogspot.co.id/2014/11/makalah-ilmu-budaya-dasar.html

0 comments:

Post a Comment