Saturday, April 9, 2016

Tugas 3 - Ilmu Budaya Dasar

Artikel

Kebudayaan Menunjungi Rumah di Beberapa Negara

Seiring berkembangnya teknologi, memungkinkan kita mendapatkan teman yang tinggal di negara lain yang pastinya mempunyai kebudayaan tersendiri. Dan bisa saja, teman tersebut mengajak kita untuk mengunjungi mereka di negara asal mereka. Jika Anda diundang ke rumah seorang teman asing, penting untuk membiasakan diri dengan adat atau kebudayaan mereka. Jika Anda memperhatikan hal tersebut, Anda tidak akan membuat kesalahan yang memalukan, dan Anda akan bisa berkunjung dengan hangat dan menyenangkan.
Orang Korea dan Jepang tahu bagaimana membuat tamunya merasa istimewa meskipun suasana di rumah mereka tampaknya cukup formal untuk orang-orang dari beberapa budaya lain. Ketika mengunjungi orang Korea atau Jepang, disarankan untuk membawa hadiah, karena hal itu dianggap lebih sopan. Hadiah yang bisa diberikan contohnya adalah makanan, bunga atau souvenir dari negara Anda. Tetapi jangan pernah memberikan hadiah sebanyak empat item, karena nomor empat menandakan kematian dalam budaya mereka.
Pastikan untuk memberi dan menerima hadiah dengan kedua tangan untuk menunjukkan rasa hormat. Jika hadiah dibungkus, pemilik rumah akan membuka setelah Anda pergi. Dan ketika duduk, lebih sopan untuk menjaga kaki Anda di lantai dan tidak meluruskan kaki Anda. Anda tidak boleh terlalu banyak bicara pada waktu makan sebagai tanda menghargai makanan.
Berbeda dengan Korea atau Jepang, ketika Anda mengunjungi rumah Timur Tengah, pemilik rumah biasanya akan membawa Anda ke sebuah ruangan khusus untuk tamu. Ketika Anda masuk, semua orang akan berdiri. Sangat penting bagi Anda untuk menyapa setiap orang secara individual, dimulai dengan orang di sebelah kanan Anda. Ketika berjabat tangan, selalu menggunakan tangan kanan, karena tangan kiri dianggap kotor. Anda juga harus menggunakan tangan kanan untuk mengambil makanan atau minuman. Pada budaya ini tidak perlu untuk membawa hadiah, tetapi membawa cokelat atau kue akan dihargai. Dan disarankan jangan menyerahkan hadiah langsung ke pemilik rumah, tetapi diam-diam meletakkan hadiah di kamar sebelum Anda meninggalkan rumah tersebut. Pemilik rumah akan menemukannya dan akan membukanya ketika Anda meninggalkan rumah tersebut.
Sementara itu, khas keluarga Amerika Utara yaitu menyambut tamu di pintu dengan santai. Pada kebudayaan Amerika Utara tidak umum untuk membawa hadiah kecuali Anda akan tinggal selama beberapa hari. Jika Anda membawa hadiah, Anda harus memberikan langsung ke pemilik rumah. Mereka akan membukanya segera dan mengatakan bahwa mereka menyukainya. Orang Amerika Utara sangat bangga dengan rumah mereka, sehingga tidak masalah untuk meminta melihat-lihat rumah mereka dan untuk memuji hal yang Anda sukai. Setelah makan, jangan lupa untuk menawarkan bantuan membersihkan meja. Tapi aturan yang paling penting untuk diingat adalah bahwa pemilik rumah biasanya akan bahagia jika Anda santai dan kasual.
Demikian beberapa hal tentang budaya berkunjung ke rumah seseorang di beberapa negara yang memiliki kebudayaan yang berbeda-beda.

Sumber referensi: Buku Postcard 1 (PEARSON Longman)

0 comments:

Post a Comment